Minggu, 04 Juli 2010

Science Education Expo (SEE) Tahun 2010

A. Latar Belakang/ Rasional
- Semakin berkembang manusia, semakin berkembang pula permasalahan yang dihadapi pendidikan, sehingga semakin menuntut kemajuan manusia dalam pemikiran-pemikiran yang sistematik tentang pendidikan.
- Sesuai kurikulum, pelajaran IPA di SMP/MTs dikembangkan dengan menggunakan pembelajaran IPA Terpadu. Tujuannya, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, meningkatkan minat dan motivasi, serta mencapai beberapa kompetensi dasar sekaligus.
- Permasalahan yang berkembang di lapangan adalah banyak guru IPA yang belum menguasai konsep dengan menyeluruh. Akibatnya, pembelajaran tidak kondusif, bahkan berkemungkinan terjadi pemberian konsep yang salah kepada siswa.
- Salah satu permasalah yang dialami negara-negara di dunia adalah permasalahan lingkungan, baik itu kesadaran individu terhadap lingkungan, kerusakan lingkungan, pengelolaan lingkungan, maupun sumber daya alam yang berasal dari lingkungan maupun limbah yang dapat dijadikan sumber energi utama dan energi alternatif.
- Pendidikan IPA yang erat kaitannya dengan lingkungan tentu dapat turut berperan serta menjawab permasalahan-permasalahan lingkungan dan diharapkan mampu mengembangakan topik dan pembelajaran yang berkaitan dengan lingkungan dan pengelolaannya mulai dari sivita akademikanya sejak dini karena pendidikan IPA yang terintegrasi diajarkan pada siswa-siswi SMP/MTs.
- Dengan dasar inilah Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA (HIMA IPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta bermaksud mengadakan Science Education Expo (SEE) yang bertemakan “IPA Untuk Lingkunganku”. Dalam kegiatan ini, ada empat rangkaian agenda yang akan dilaksanakan, yaitu Young Scientist Competition Se-DIY, Seminar Nasional Pendidikan IPA, Pameran Pendidikan IPA, dan LKTI SMP/MTs Bidang IPA.

B. Tujuan Kegiatan:
Kegiatan ini bertujuan untuk, antara lain:
1. Young Scientist Competition se-DIY dan Jawa Tengah
a. Menumbuhkan semangat bersaing dengan kecintaan terhadap bidang IPA
b. Mencari bibit-bibit potensial yang berkompeten di bidang IPA dan yang belum terfasilitasi di daerah-daerah.
c. Menjadikan ajang pengayaan ilmu.
2. Seminar Nasional Pendidikan IPA
a. Memberikan gambaran pembelajaran IPA yang terintegrasi (terpadu).
b. Memberikan gambaran tentang kesadaran masyarakat dalam menyikapi masalah lingkungan hidup.
c. Mensosialisasikan Pendidikan IPA.
d. Membuka cakrawala dan wawasan tentang keterkaitan IPA dengan lingkungan hidup.
3. Pameran Pendidikan IPA
a. Menampilkan karya mahasiswa Pendidikan IPA sebagai media pembelajaran sains.
b. Mencitrakan Pendidikan IPA.
c. Sebagai sarana untuk pembelajaran sains yang tertuang dalam berbagai bentuk karya-karya mahasiswa.
4. Karya Tulis Ilmiah SMP/MTs se-DIY dan Jawa Tengah
a. Meningkatkan krativitas siswa-siswi SMP/MTs.
b. Sebagai ajang kompetisi dalam menampilkan karya.
c. Sebagai media pembelajaran dalam mempresentasikan karya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar